Minggu, 16 September 2012

Konfigurasi Sistem Komputer




Pada dasarnya komputer terdiri dari 3 macam perangkat yakni :

Perangkat Keras/ Hardware
Perangkat Lunak/ Software
Perangkat Otak/ Brainware

Hardware adalah perangkat dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Nah !! tentunya kalian pasti tahu dengan jelas contoh-contoh dari perangkat keras tersebut. Ya!! beberapa contoh perangkat keras seperti misalkan mouse, keyboard, monitor, speaker, CPU dan lain sebagainya. Dari apa yang disebutkan tadi maka kita bisa juga membagi perangkat keras tersebut berdasarkan fungsinya diantaranya adalah :

Perangkat Masukan
Perangkat Proses
dan Perangkat Keluaran.
Perangkat masukan adalah perangkat yang digunakan untuk memsukkan data kedalam sistem komputer. Contohnya seperti mouse, keyboard, scanner dan lain sebagainya.

Sedangkan perangkat proses adalah perangkat yang digunakan untuk memperoses segala data yang dimasukkan dan dikeluarkan dalam bentuk informasi sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh manusia tentunya. Satu-satunya contoh perangkat keras proses ini adalah CPU atau Central Processing Unit.
Perangkat keluaran adalah perangkat yang berfungsi untuk menampilkan atay menayangkan hasil dari proses yang dilakukan. Contohnya, misalkan monitor, printer.

Software atau perangkat lunak adalah prosedur dokumentasi program yang digunakan untuk penyelesaian berbagai jenis pekerjaan yang dikehendaki. Software saat ini telah identik dengan program yang kita gunakan.

Untuk software ini juga dibagi menjadi beberapa tingkatan diantaranya :
Sistem Operasi
Bahasa Pemograman
Program Paket
Dan ada penambahan program lagi yakni program bantu/ utility
Sedangkan Brainware adalah didefinisikan sebagai orang yang menggunakan komputer.

Brainware ini juga dibagi menjadi :
Operator
Programmer
Dan System Analyst.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages